Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi Untuk Pasien Diabetes Melitus Pantangan Diabetes Buah


Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi untuk Pasien Diabetes Melitus
Haii berjumpa lagi di website Herbalinsaja.com , pada kesempatan kali ini penulis akan melakukan pembahasan mengenai "Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi untuk Pasien Diabetes Melitus" dengan jelas, yuk simak sedetilnya ...
Diabetes disebabkan akibat dari konsumsi makanan dengan kandungan glukosa tinggi, penderita penyakit ini tidak bisa melanggar pantangan makanan gula darah tinggi. Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang sangat mematikan, komplikasi diabetes bisa menyebabkan seseorang mengalami stroke atau paling parah meninggal.

Cek apa saja pantangan makanan gula darah tinggidi sini

  1. Minuman kemasan
Jus kemasan atau minuman bersoda adalah 2 jenis minuman dengan kadar glukosa tinggi yang wajib dihindari oleh penderita diabetes. Sebelum minum minuman kemasan, penderita diabetes harus melihat label informasi kadar gula yang tercantum.
Umumnya, minuman kemasan memiliki kadar glukosa sekitar 38 gram gula/350 ml. Ada banyak minuman manis dengan varian rasa buah, jangan terkecoh untuk mengonsumsinya, jika ingin minum jus buah akan lebih bila membuatnya sendiri tanpa gula. Buah yang dipilih pun harus yang rendah gula.

  1. Roti putih, nasi dan pasta dari tepung terigu
Ketiga makanan ini merupakan sumber karbohidrat yang sayangnya tidak bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit gula. Karbohidrat sederhana mudah sekali diserap tubuh yang kemudian akan diubah untuk memenuhi kadar gula di dalam darah.
Mengurangi ketiganya lalu menggantinya dengan protein dan makanan tinggi serat adalah pilihan aman dan terbaik untuk menjaga kadar gula tetap stabil.
  1. Makanan tinggi lemak
Merupakan makanan untuk gula darah tinggi yang sebaiknya dihindari saja. Lemak trans biasanya ditemukan pada selai, margarin serta berbagai makanan yang diawetkan.
Walaupun semua makanan tersebut tidak serta merta meningkatkan kadar gula darah namun bila dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan pembuluh darah rusak atau lebih tepatnya mengurangi HDL. Selain berisiko buruk pada penderita penyakit diabetes, lemak trans bisa menjadi penyebab penyakit kardiovaskular.
  1. Penderita Diabetes Dilarang Konsumsi Buah kering

Merupakan salah satu camilan yang diolah dengan baik mengurangi kadar air, dipotong berukuran kecil lalu diawetkan. Ada banyak buah fresh yang diolah menjadi dry fruit, penderita diabetes diwajibkan untuk menghindari konsumsi buah jenis tersebut dan mengonsumsi buah segar seperti apel yang rendah gula.
  1. Kentang goreng
Walaupun rasanya lezat, kentang goreng bukanlah pengganti nasi yang terbaik karena kombinasi di antara kentang dan minyak goreng dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah. Kentang goreng umumnya memiliki kandungan kimia aldehida yang bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes.
  1. Makanan kemasan kadar karbohidrat tinggi
Seperti keripik kentang, biskuit, sampai sereal yang terbiasa dikonsumsi untuk sarapan. Semua produk kemasan tersebut tidak hanya mengandung karbohidrat yang tinggi, namun juga tinggi garam serta pengawet dan pewarna makanan.
  1. Madu dan aneka sirup
Walaupun madu terbiasa digunakan sebagai pengganti gula, namun faktanya baik madu, sirup maple atau bahkan sirup agave, sama-sama bukanlah pengganti gula pasir terbaik karena bisa jadi kandungan gulanya jauh lebih tinggi. Lebih baik hindari menambahkan madu ke makanan/ minuman Anda atau ganti dengan produk gula yang dikhususkan untuk penderita diabetes.
  1. Kopi
Kopi yang ditawarkan di kafe biasanya menggunakan gula yang banyak bahkan ditambah dengan sirup cokelat, karamel, dan whipped cream. Kombinasi minuman ini tidak bagus untuk penderita diabetes karena kadar gulanya yang cukup tinggi.

Begitulah pembahasan "Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi untuk Pasien Diabetes Melitus" terima kasih atas kunjungannya
postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori pantangan diabetes buah, pantangan makan buah diabetes, buah pantangan diabetes melitus,
postingan ini bersumber dari https://hamilplus.com/pantangan-makanan-gula-darah-tinggi/

Post a Comment for "Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi Untuk Pasien Diabetes Melitus Pantangan Diabetes Buah"

Solusi Asam Lambung

Postingan Populer