Cara Memilih madu yang baik

Memilih madu yang baik

Cara Memilih madu yang baik

Madu adalah salah satu nutrisi yang terbaik untuk kesehatan, selain rasanya enak madu dikenal berkhasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Banyak orang sangat berharap, bahwa  dengan mengkonsumsi madu, mereka bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang sangat diidamkan. Madu sejauh ini terbukti bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti batuk, radang tenggorokan, daya tahan menurun hingga berbagai gangguan kesehatan lainnya dari ringan hingga sangat berat. Secara keilmuan khasiat madu baik utk kesehatan memang benar karena madu dikenal mengandung bebeerapa zat aktif yang baik untuk kesehatan dan untuk mengurangi gangguan penyakit, dengan catatan madu yang dikonsumsi adalah madu yang benar-benar madu asli.


Madu yang benar-benar madu adalah madu yang dihasilkan oleh lebah hutan, dimana lebah-lebah ini menyerap nectar dari tanaman yang belum terkontaminasi oleh pestisida atau zat kimia berbahaya lainnya. Nectar adalah produk hasil anabolisme pd tanaman yg dimulai dr proses fotosintesis yg menghasilkan GA3P lalu dirangkai oleh sistem sel tanaman menjadi cairan kaya nutrisi sebagai sumber energi



untuk pertumbuhan, pembuahan dan perkembangbiakan tanaman. Nutrisi ini disebut Nectar, lalu apa yang ada dalam nectar? Kandungan nutrisi dalam nectar adalah glukosa, fructosa, sukrosa (gula pasir), asam amino yang berikatan (rantai) mulai dipeptide sampai polypeptide, alkaloid, antioksidan dan vitamin. 

Lalu, apa yang dilakukan oleh lebah? Lebah menghisap nektar tersebut secara utuh dan diproses di dalam perutnya. Di dlm perut lebah,nectar akan mengalami proses pemecahan senyawa nektar yg berukuran molekul besar (polimer) menjadi nektar yang berukuran molekul kecil (monomer), misalnya: Sukrosa akan dipecah menjadi glukosa dan fruktosa, protein akan dipecah menjadi senyawa protein rantai pendek dst. Setelah nektar dipecah oleh lebah, maka akan dikeluarkan dalam Honey Comb (sarang lebah hexagon) Di dalam sarang tersebut, nektar yang sudah diproses dalam perut lebah akan dikeringkan. Bagaimana cara lebah mengeringkannya ?  

Ternyata lebah mengeringkannya dengan teknologi "air convection drying" dengan sayapnya yang dikepak-kepakan sehingga aliran udara mengalir pada permukaan nektar sehingga mayoritas kandungan air akan menguap dan nektar mengental menjadi madu. Teknologi yang dilakukan lebah tadi juga dilakukan pada semua industri yang melakukan proses pengeringan, hanya saja sayap lebah diganti dg blower. 

Nah, setelah nektar dalam Honey Comb mengental menjadi madu, maka lebah melakukan sealing dengan menutup Honey Comb dengan lilin. Jadi, produk madu yang diproduksi oleh lebah dari nektar bunga, akan berisi nutrisi lengkap dan siap dipakai bagi tubuh kita. 

                                                       

Nutrisi pada madu terdiri dari : 

- gula dlm bentuk monomer: glukosa, fruktosa dg komposisi yg berimbang

- protein rantai pendek

- vitamin

- alkaloid dan antioksidan

Lalu, bagaimana apabila lebah diberi makan gula pasir? Klo lebah diberi makan gula pasir, maka isinya madu yg dihasilkan hanya glukosa dan fruktosa saja Atau dalam kata lain kita hanya dapat syrup gula seperti kita beli syrup waktu lebaran.

Nah, pada pasien diabetes apakah tubuhnya bisa mengolah madu menjadi sesuatu yang menyehatkan? Pada pasien diabetes yang mengkonsumsi madu, maka hanya fruktosa saja yang diolah oleh liver,  sedangkan glukosa nya macet dalam darah karena sel-selnya masih mengalami resistensi insulin. Pasien diabetes bisa mendapat manfaat madu kalau dia sudah menerapkan Konsep Karnus utk menyelesaikan masalah resistensi insulinnya terlebih dahulu.

Sumber : Grup Karnus



Post a Comment for "Cara Memilih madu yang baik"

Solusi Asam Lambung

Postingan Populer