Bisakah air kelapa mengobati asam lambung

Apakah air kelapa bisa menyembuhkan asam lambung? 


Bisakah air kelapa mengobati asam lambung


Kondisi ini bisa kambuh kapan saja sehingga menyebabkan sakit perut. Perasaan tidak menyenangkan ini juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagai informasi asam lambung merupakan cairan yang dihasilkan oleh sel-sel lambung dan fungsinya untuk membantu sistem pencernaan salah satunya untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan.

Namun jika produksi cairan senyawa ini dalam tubuh tinggi maka seseorang dapat menderita gangguan pencernaan seperti maag GERD (gastro-esophageal reflux disease) dll.

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan pasien mengalami gejala seperti nyeri di perut atau mulas hingga naik ke dada (mulas).

Kondisi ini bisa kambuh di pagi atau sore hari kecuali pasien menerapkan gaya hidup sehat seperti makanan sehat. Bisakah air kelapa mengobati asam lambung? Simak informasinya di bawah ini.

Bisakah Air Kelapa Mengobati Asam Lambung?

Menurut dr Aru Ariadno (Sp.PD KGEH) dokter spesialis penyakit dalam di RS Prawijaya Depok air kelapa yang bersifat basa dapat mengurangi keasaman lambung dan meningkatkan pH. Ini akan mengurangi keasaman di perut.

Pertama-tama air kelapa bersifat basa sehingga dapat menurunkan keasaman di lambung dan menaikkan pH untuk menurunkan keasaman di lambung.

Dr. Aru juga menemukan bahwa air kelapa mengandung potasium yang membantu mengatasi kekurangan elektrolit yang disebabkan oleh gangguan pencernaan. Namun mengobati gangguan asam lambung membutuhkan sesuatu selain air kelapa. Karena banyak faktor mulai dari pilihan makanan yang membuat stres hingga obat-obatan dapat memicu masalah pencernaan seperti gastritis.

Kedua air kelapa mengandung kalium yang membantu mengatasi kekurangan elektrolit akibat masalah perut.

Tetapi dibutuhkan hal-hal selain air kelapa untuk menyembuhkannya karena ada banyak faktor yang menyebabkan gastritis. Dr Aru berbicara terlalu banyak dari stres akibat obat-obatan dan mulai dari diet.

Jadi Dr. Aru menyarankan agar Anda terus berkonsultasi dengan dokter tentang masalah Anda terutama jika Anda merasa gejala Anda semakin parah atau berlangsung lebih lama.

Jadi konsultasikan dengan dokter Anda secara teratur terutama jika terus berlanjut. Tambahan air kelapa boleh tapi bukan sebagai obat imbuhnya.

Sumber : detik

Post a Comment for "Bisakah air kelapa mengobati asam lambung"

Solusi Asam Lambung

Postingan Populer